Sabtu, 03 Desember 2011

Taksonomi dan Pembela


P ROFESSOR Benjamin Bloom dari Universitas Chicago dan rekan kerja yang memenuhi 1948-1953, dibuat tangga dengan enam langkah untuk belajar. Enam langkah (baca: tingkat) adalah perkiraan kasar. Mereka tidak mutlak, juga tidak mencakup belajar simbol konfluen sebagai langkah yang mungkin di atas evaluasi, citra seperti yang diberikan bergantung pada dan didasarkan pada evaluasi fit dan perkiraan. Kemampuan untuk mengamati tidak termasuk dalam model ini baik. Keterampilan pengamatan dapat dibina atau dilatih untuk keuntungan Anda. Relaksasi dan bahkan kebosanan harus membantu itu.
Juga tahu bahwa sistem lain atau hierarki telah dirancang. Tapi taksonomi Bloom mudah dipahami dan diterapkan secara luas.
Enam tingkat pembelajaran sesuai dengan Bloom dkk
Tingkat diperkirakan untuk membangun satu sama lain. Enam tingkat pada gambar berhubungan dengan pemikiran, yang disebut kognitif domain. Di sini mereka adalah:

Ketika Anda belajar pelajaran dengan baik, tahap-tahap yang lebih tinggi dari pembelajaran ingin menjadi bagian dari bermain. Harus ada cukup waktu untuk itu, karena tingkat lebih tinggi dari pembelajaran harus dilakukan dengan kecemerlangan dan mendapatkan baik (cukup) berpendidikan.
Kita mulai dari bawah gambar:
  1. Pengetahuan atau mengingat data, mengungkapkan dorongan alami untuk mengingat materi yang telah dipelajari sebelumnya. Jadi pengetahuan, atau diberitahu, bisa menjadi dasar untuk belajar sangat banyak. Ini menyediakan dasar untuk tingkat yang lebih tinggi dari pemikiran, tetapi hafalan di alam. Wawasan naik di atasnya.
  2. Pemahaman, kemampuan untuk memahami makna, menjelaskan, menyatakan kembali gagasan, berarti memahami informasi dasar dan menerjemahkan, menafsirkan, dan ekstrapolasi itu.
  3. Aplikasi, atau menggunakan bahan belajar dalam situasi baru, melibatkan menggunakan informasi, ide, dan keterampilan untuk memecahkan masalah, kemudian memilih dan menerapkan mereka secara tepat.
  4. Analisis menunjukkan item memisahkan, atau bahan yang terpisah menjadi bagian-bagian dan hubungan antara bagian-bagian acara. Hal ini juga berarti melanggar selain informasi dan ide menjadi bagian-bagian komponen mereka.
  5. Sintesis menunjukkan kemampuan untuk mengumpulkan ide-ide yang terpisah untuk membentuk keseluruhan baru dari kain, atau membangun hubungan baru. Sintesis melibatkan menyatukan ide-ide dan pengetahuan dalam bentuk baru dan unik. Ini adalah di mana inovasi yang benar-benar terjadi.
  6. Evaluasi adalah tingkat tertinggi dalam pengaturan ini. Disini kemampuan untuk menilai nilai material terhadap kriteria yang dinyatakan akan menunjukkan dirinya. Evaluasi melibatkan meninjau dan menegaskan bukti, fakta, dan ide-ide, kemudian membuat pernyataan yang tepat dan judegments.
Pembelajaran Ditentukan, dengan Enam Langkah Alokasi
1. Pengetahuan - dari (berdasarkan ingat)
• Spesifik
• Terminologi
• Spesifik fakta
• Cara dan sarana berurusan dengan spesifik
• Konvensi
• Tren dan urutan
• Klasifikasi dan kategori
• Kriteria
• Metodologi
• Para universal dan abstraksi dalam field
• Prinsip dan generalisasi
• Teori dan struktur
2. Pemahaman (pegang)
• Terjemahan
• Interpretasi
• Ekstrapolasi
3. Aplikasi ("memiliki pergi" juga)
4. Analisis
• Dari unsur-unsur
• Dari hubungan
• Dari prinsip-prinsip organisasi
5. Sintesis
• Produksi dari komunikasi yang unik
• Produksi rencana, atau diusulkan seperangkat operasi
• Penurunan dari serangkaian hubungan abstrak
6. Evaluasi (menilai layak dll)
• Putusan dalam hal bukti internal
• Semua pendapat di tems kriteria eksternal

Kesimpulan .
Sebagian besar program penguasaan pembelajaran yang telah dipelajari tampaknya memiliki beberapa efek positif pada prestasi, meskipun pengamat telah mencatat bahwa jika dibiarkan sendiri, siswa menunda-nunda dan akibatnya membuat sedikit kemajuan. Meskipun keterbatasan ini, program ini juga menyediakan guru diuji dengan model evaluasi yang didasarkan pada standar penguasaan.






EBU:. Ensiklopedia Britannica Ensiklopedia Britannica 2007 Ultimate Reference Suite DVD. Jakarta: Encyclopaedia Britannica, 2007.
LTE: Schunk, Dale Teori Belajar.. Sebuah Perspektif Pendidikan 2nd ed.. Englewood Cliffs, NJ: Merrill / Prentice-Hall, 1996.
MMB:.. Buzan, Tony, dengan Barry Buzan Mind Map Kitab Wahyu ed. Jakarta: BBC Books, 1995.
MTL:. Stipek, Debora Motivasi untuk Belajar: Mengintegrasikan Teori dan Praktek 4th ed.. Boston: Allyn dan Bacon, 2002.
Pl: Gross, Ronald Puncak Pembelajaran:. A Course Master dalam Belajar Cara Belajar New York:. J. Tarcher / Putnam, 1991.
Tece: Bloom, Benjamin, dkk Taksonomi Tujuan Pendidikan:.. Klasifikasi Tujuan Pendidikan New York: McKay, 1956.