P ROFESSOR Benjamin Bloom dari Universitas Chicago dan rekan kerja yang memenuhi 1948-1953, dibuat tangga dengan enam langkah untuk belajar. Enam langkah (baca: tingkat) adalah perkiraan kasar. Mereka tidak mutlak, juga tidak mencakup belajar simbol konfluen sebagai langkah yang mungkin di atas evaluasi, citra seperti yang diberikan bergantung pada dan didasarkan pada evaluasi fit dan perkiraan. Kemampuan untuk mengamati tidak termasuk dalam model ini baik. Keterampilan pengamatan dapat dibina atau dilatih untuk keuntungan Anda. Relaksasi dan bahkan kebosanan harus membantu itu. Juga tahu bahwa sistem lain atau hierarki telah dirancang. Tapi taksonomi Bloom mudah dipahami dan diterapkan secara luas. Enam tingkat pembelajaran sesuai dengan Bloom dkk Tingkat diperkirakan untuk membangun satu sama lain. Enam tingkat pada gambar berhubungan dengan pemikiran, yang disebut kognitif domain. Di sini mereka adalah: Ketika Anda belajar pelajaran dengan baik, tahap-tahap yang lebih tinggi dari pembelajaran ingin menjadi bagian dari bermain. Harus ada cukup waktu untuk itu, karena tingkat lebih tinggi dari pembelajaran harus dilakukan dengan kecemerlangan dan mendapatkan baik (cukup) berpendidikan. Kita mulai dari bawah gambar:
Pembelajaran Ditentukan, dengan Enam Langkah Alokasi 1. Pengetahuan - dari (berdasarkan ingat) • Spesifik • Terminologi • Spesifik fakta • Cara dan sarana berurusan dengan spesifik • Konvensi • Tren dan urutan • Klasifikasi dan kategori • Kriteria • Metodologi • Para universal dan abstraksi dalam field • Prinsip dan generalisasi • Teori dan struktur 2. Pemahaman (pegang) • Terjemahan • Interpretasi • Ekstrapolasi 3. Aplikasi ("memiliki pergi" juga) 4. Analisis • Dari unsur-unsur • Dari hubungan • Dari prinsip-prinsip organisasi 5. Sintesis • Produksi dari komunikasi yang unik • Produksi rencana, atau diusulkan seperangkat operasi • Penurunan dari serangkaian hubungan abstrak 6. Evaluasi (menilai layak dll) • Putusan dalam hal bukti internal • Semua pendapat di tems kriteria eksternal Kesimpulan . Sebagian besar program penguasaan pembelajaran yang telah dipelajari tampaknya memiliki beberapa efek positif pada prestasi, meskipun pengamat telah mencatat bahwa jika dibiarkan sendiri, siswa menunda-nunda dan akibatnya membuat sedikit kemajuan. Meskipun keterbatasan ini, program ini juga menyediakan guru diuji dengan model evaluasi yang didasarkan pada standar penguasaan. |
EBU:. Ensiklopedia Britannica Ensiklopedia Britannica 2007 Ultimate Reference Suite DVD. Jakarta: Encyclopaedia Britannica, 2007. LTE: Schunk, Dale Teori Belajar.. Sebuah Perspektif Pendidikan 2nd ed.. Englewood Cliffs, NJ: Merrill / Prentice-Hall, 1996. MMB:.. Buzan, Tony, dengan Barry Buzan Mind Map Kitab Wahyu ed. Jakarta: BBC Books, 1995. MTL:. Stipek, Debora Motivasi untuk Belajar: Mengintegrasikan Teori dan Praktek 4th ed.. Boston: Allyn dan Bacon, 2002. Pl: Gross, Ronald Puncak Pembelajaran:. A Course Master dalam Belajar Cara Belajar New York:. J. Tarcher / Putnam, 1991. Tece: Bloom, Benjamin, dkk Taksonomi Tujuan Pendidikan:.. Klasifikasi Tujuan Pendidikan New York: McKay, 1956. |